SAP Profesi Pendidikan










KONTRAK KULIAH, SILABUS DAN SATUAN ACARA PERKULIAHAN PROFESI KEPENDIDIKAN
 


Kode Mata Kuliah
: KB141207
Jumlah SKS
: 2 sks
Dosen
: Drs. Edy Siswanto, M.Pd



PGSD IKIP PGSD MADIUN

2013




KONTRAK KULIAH

Mata Kuliah                            : Profesi Kependidikan (2 sks)
Kode Mata Kuliah                   : KB141207
Semester                                : 5
Dosen                                     : Drs. Edy Siswanto, M.Pd..

1.    TUJUAN MATA KULIAH
Melalui mata kuliah ini mahasiswa dapat menjelaskan konsep konsep pe­ngem­­­­bangan profesi guru dan melaksanakan upaya pengembangan profesi guru SD.
2.    DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata kuliah ini membahas secara mendalam konsep kompetensi profesional yang harus dimiliki para pendidik. Isi pokok mata kuliah ini meliputi: (1) Jabatan profesional guru dan perundang-undangan terkait profesional guru; (2) Hakikat kompetensi professional pendidikan, (3) Peran pendidik dalam mencapai tujuan pendidikan, (4) Mewujudkan kelas yang aman dan sehat, (5) Mewujudkan lingkungan dan pembelajaran yang menyenangkan, (6) Mengembangkan  pembelajaran  edukatif,  (7) Mengembangkan profesionalisme, dan (8) Jenis Karya Ilmiah Pengem­bangan Profesional Guru.

3.    MATERI KULIAH
Sejalan  dengan  tujuan  perkuliahan  di atas, pokok-pokok  substansi  kajian  mata kuliah ini dapat dinyatakan sebagai berikut.
1.    Pengertian jabatan profesional guru, dasar, fungsi, tujuan pendidikan nasional, dan tu­gas, hak, serta  kewajiban tenaga kependidik­an.
2.    Tahapan pengembangan guru profesional, alur, dan kebijakan pengembangan profesi dan karir guru.
3.    Esensi dan prinsip-prinsip peningkatan kompetensi dan karir guru serta jenis program pendidikan dan latihan (Diklat) guru
4.    Penilaian kinerja Guru mencakup: pengertian penilaian kinerja guru, persyaratan, prinsip-prinsip, dan aspek penilaian kinerja guru, dan prosedur pelaksanaan penilaian kinerja Guru
5.    Pengembangan karir guru mencakup: ranah pengembangan guru, pengembangan karir, dan kenaikan pangkat
6.    Perlindungan dan peng­har­gaan terhadap guru
7.    Pengertian dan esensi kode etik guru dan Etika profesi keguruan.

4.  PENDEKATAN PERKULIAHAN
Pelaksanaan proses pembelajaran pada mata kuliah ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan humanistis, dan menggunakan metode serta teknik pembelajaran bervariasi, mencakup metode: ceramah, pemberian tugas, demonstrasi. Metode pembelajaran  dipilih metode dan teknik pembelajaran yang bersifat interaktif, mengacu pada model pembelajaran kontekstual, kooperatif dan kolaboratif.
Selama proses pembelajaran, mahasiswa dituntut aktif dan kreatif menemukan konsep keilmuan secara kelompok dan mandiri. Maka model seminar dan  guided  teaching  diguna­kan  sebagai  model  inti  pembelajaran  yang didukung oleh model-model pembelajaran lain seperti model curah pendapat, inquiry, discovery dan learning from presentation. Teknik diskusi, tanya jawab, ceramah akan digunakan untuk mencapai tujuan mata kuliah ini.
5.  MEDIA
1.    Laptop
2.    Infokus
3.    Internet
6.  EVALUASI
Untuk  memperoleh informasi tingkat  ketercapaian  kompetensi  pada mahasiswa  dilakukan penilaian hasil belajar menggunakan berbagai jenis dan bentuk instrumen, yaitu dengan bobot:
1. Kuis                                                                              = 10%
2. UTS                                                                              = 10%
3.    Penulisan Makalah                                                   = 20%
4.    Presentasi makalah                                                 = 30%
5.    UAS                                                                              = 10%
6.    Kehadiran         & Aktivitas                                        = 10%

7.  DAFTAR PUSTAKA
Perundang-undangan Pendidikan:
-        UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas
-        UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
-        PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
-        Permendiknas No. 22 tahun 2006 tentang Standar Isi
-        Permendiknas No. 16 Tahun 2007 tentang Kualifikasi dan Kompetensi Guru
-        Permendiknas No. 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian
-        Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses
-        Permendiknas No. 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya
Mahsunah, Dian, dkk.. 2012. Kebijakan Pengembangan Profesi Guru (Modul PLPG). FKIP Unila.
Samana. 1994. Profesionalisme Keguruan. Yogyakarta: Kanisius.






No
kompetensi DASAR
Pokok dan Sub Pokok Bahasan
Pola KBM
J P
Buku Sumber
1.
Mahasiswa me- ma­­hami Dasar, fung­si, tujuan pen­didikan na­sio­nal, dan tu­gas, hak, serta  kewajiban tena­ga kependidik­an
1.       Dasar, fungsi, tujuan pendidikan nasional, dan tu­gas, hak, serta  kewajiban tenaga kependidik­an.

1.  Penyajian konsep dengan contoh jabatan profesional
2.  Pembahasan dan penemuan contoh
3.  Tanya jawab
4.  Tugas meresume isi perun­dangan pendidikan terkait profesional guru
5.  Simpulan
4JP

1. UU No.20/2003 tentang Sisdiknas, men­cakup:
2. Bab II Pasal 2-3: Dasar, Fungsi dan Tujuan Pendidikan Nasional,
3. Bab XI Pasal 39-44: Pendidik dan Tenaga Kependidikan
4. UU No.14/2005: Guru dan Dosen

2.
Mahasiswa me- ma­­hami kebi­jak­an umum pem­bi­naan dan pe­ngem­bangan guru
2.     Tahapan pengembangan guru profesional, alur, dan kebijakan pengembangan profesi dan karir guru.

1.  Pengkajian konsep dan con­toh-contoh
2.  Latihan merencanakan,   pe­nyusunan program pengem­bangan profesi guru
3.  Diskusi hasil latihan-tugas
4.  Perbaikan tugas
5.  Simpulan
4 JP



1. UU No.14/2005: Guru dan Dosen
2.  Modul PLPG Dalam Jabatan Bab II
3. PP No.19/2005: SNP
4. Permendiknas No.22/2006: Standar Isi
5. Permendiknas No.23/2006: Standar Kelulusan
6. Permendiknas No.16/2007: Kualifikasi dan Kompetensi Guru

3
Mahasiswa me- ma­­hami 4 kom­pe­tensi yang ha­rus dimiliki guru
3.     Esensi dan prinsip-prinsip peningkatan kompetensi dan karir guru serta jenis program pendidikan dan latihan (Diklat) guru

1.  Pengkajian konsep dan prinsip-prinsip peningkatan kompetensi dan karir guru
2.  Latihan merencanakan,   pe­nyusunan jenis program Diklat guru
3.  Diskusi hasil latihan-tugas
4.  Perbaikan tugas
5.  Simpulan
6 JP



1.     UU No. 14/2005 tentang Guru dan Dosen
2.     Modul PLPG Dalam Jabatan Bab II
3.     Permendiknas No.16/2007: Kualifikasi dan Kompetensi Guru
4.     Permendiknas No. 41/2007 tentang Standar Proses


4
Ujian Tengah Semester
2 JP



No
kompetensi DASAR
Pokok dan Sub Pokok Bahasan
Pola KBM
J P
Buku Sumber
5.
Mahasiswa  me­­mahami pe­nilaian Kinerja Guru dan Pe­ngem­bangan Karir
4.  Penilaian kinerja Guru:
a.     Pengertian Penilaian kinerja Guru
b.    Persyaratan, prinsip-prinsip, dan aspek penilaian kinerja guru
c.    Prosedur pelaksanaan penilaian kinerja Guru
5.  Pengembangan karir guru mencakup: ranah pengembangan guru, pengembangan karir, dan kenaikan pangkat
1.  Pengkajian konsep dan contoh
2.  Latihan dan tugas-tugas
3.  Diskusi dan klarifikasi hasil latihan menilai kinerja guru
4.  Perbaikan tugas
5.  Simpulan

4 JP



2 JP





1.     UU No. 14/2005 tentang Guru dan Dosen
2.     Modul PLPG Dalam Jabatan 2012 Bab III-IV
3.     Permendiknas No.16/2007: Kualifikasi dan Kompetensi Guru
4.     Permendiknas No. 22/2006 tentang Standar
5.     Permendiknas No. 20/2007 tentang Standar Penilaian
6.
Mahasiswa  me­­mahami perlindungan dan peng­har­gaan terhadap guru
6.  Perlindungan dan peng­har­gaan terhadap guru
1.  Pengkajian konsep dan contoh perlindungan dan hak-hak guru
2.  Latihan dan tugas-tugas
3.  Diskusi dan klarifikasi hasil latihan dan kesimpulan
4 JP
1.  Modul PLPG Dalam Jabatan Bab V

7.
Mahasiswa  me­­­mahami Etika Profesi Guru dan  mem­praktik­­kannya
6.  Pengertian dan esensi kode etik guru dan Etika profesi keguruan

1.  Pengkajian konsep Kode Etik Guru Indonesia dan etika profesi guru
2.  Latihan menjabarkan Kode Etik Guru,  etika profesi guru
3.  Umpan balik latihan dan per­baikan hasil tugas
4 JP

1.  Modul PLPG Dalam Jabatan Bab VI
2.  Kode Etik Guru Indonesia
8.
Ujian Akhir Semester
2 JP



SATUAN ACARA PERKULIAHAN

Mata Kuliah                     : Profesi Kependidikan (2 sks)
Kode Mata Kuliah          : KB141207
Semester                   :5
Dosen                              : Drs. Edy Siswanto, M.Pd..
Waktu Pertemuan     : 2 x 40 menit
Pertemuan ke           : 1 dan 2


A.   KOMPETENSI DASAR
Mahasiswa mema­­hami dasar, fung­si, tujuan pen­didikan na­sio­nal, dan tu­gas, hak, serta  kewajiban tena­ga kependidik­an
B.   INDIKATOR
Pada akhir perkuliahan ini mahasiswa dapat:
1.    menjelaskan pengertian jabatan profesional guru sesuai dengan perundangan-undangan pendidikan
2.    menjelaskan kedudukan guru sebagai tenaga profesional
3.    memberi minimal 5 contoh jabatan profesional lainnya
4.    membedakan jabatan profesional guru dengan jabatan profesional lainnya
5.    menjelaskan dasar dan fung­si pen­didikan na­sio­nal bagi bangsa Indonesia
6.    menjelaskan 9 unsur yang terkandung dalam perkembangan potensi peserta didik sesuai tujuan pen­didikan na­sio­nal
7.    menjelaskan 7 macam tu­gas guru sebagai pendidik profesional
8.    menjelaskan 11 hak tena­ga kependidik­anm sesuai UU Guru dan Dosen
9.    menjelaskan 3 kewajiban tena­ga kependidik­an sesuai UU Sisdiknas
10. memberi minimal 2 contoh wajib kerja dan ikatan dinas yang jika diperlukan harus dilakukan guru, sesuai UU Guru dan Dosen
C.   Materi Kuliah
1.    Dasar dan fungsi pendidikan nasional
2.    Tujuan pendidikan nasional
3.    Tu­gas, hak, dan  kewajiban tenaga kependidik­an sebagai guru profesional



D.   Kegiatan Pembelajaran
Tahap Kegiatan
Kegiatan Mahasiswa
Kegiatan Dosen
Pendahuluan

1.    Menyiapkan kontrak kuliah
2.    Berperan aktif bertanya tentang hal yang belum jelas.


Pada setiap awal pertemuan dosen:
1.  menjajagi kemampuan awal mahasiswa terkait materi yang akan dibahas.
2.  menjelaskan kontrak kuliah
Penyajian
Pertemuan I








Pertemuan II

1.Sebelum perkuliahan mahasiswa telah membaca kontrak kuliah MK Profesi Kependidikan
2.Mengikuti secara aktif, bertanya/ menja­wab pertanyaan/menanggapi dalam  pem­­­bahasan materi dan berlatih
3.Menelusuri isi UU Sisdiknas, UU Guru dan Dosen terkait dasar, fung­si, tujuan pen­didikan na­sio­nal
1.Mencatat masukan atas kesalahan dalam latihan.
2.Memperbaiki kesalahan latihan I tentang tu­gas, hak, serta  kewajiban tena­ga kependidik­an
3.Mencatat ringkasan materi/kesim­pul­an pembahasan
1.  Memaparkan secara skematik ruang lingkup materi mata kuliah ini
2.  Orientasi materi dengan metode ce­ra­mah ten­tang pengertian jabatan profesional guru
3.  Memantau kerja kelompok




1.  Review materi yang dibahas pada minggu lalu
2.  Membahas materi: tu­gas, hak, serta  kewajiban tena­ga kependidik­an
Penutup


1.  Jika belum jelas, menanyakan tek­nik penye­le­saian tugas kalompok/ man­diri
1.   Menyimpulkan pembahasan materi kuliah.
2.   Menyampaikan tugas terstruktur dan mandiri. 

E.   Media dan Alat Bantu Pengajaran
1.    Laptop dan LCD
F.    Evaluasi
1.  Tanya jawab tentang materi yang telah dibahas.
2.  Membuat ringkasan materi dengan menggunakan kata-kata sendiri.
3.  Tugas latihan.
G.   Referensi
1.    Modul Kebijakan Pengembangan Profesi Guru (materi PLPG) Hal. 1-9
2.    Samana. 1994. Profesionalisme Keguruan. Yogyakarta: Kanisius. Hal. 9-43.
3.    UU No.20/2003 tentang Sisdiknas, Bab II Pasal 2-3: Dasar, Fungsi dan Tujuan Pendidikan Nasional,
4.    UU No.14/2005: Guru dan Dosen, Bab XI Pasal 39-44: Pendidik dan Tenaga Kependidikan


SATUAN ACARA PERKULIAHAN

Mata Kuliah          : Profesi Kependidikan (2 sks)
Kode Mata Kuliah  : KB141207
Semester             : 5
Dosen                  : Drs. Edy Siswanto, M.Pd..
Waktu Pertemuan  : 2 x 40 menit
Pertemuan ke      : 3 dan 4


A.   KOMPETENSI DASAR
Mahasiswa mema­­hami kebi­jak­an umum pem­bi­naan dan pe­ngem­bangan guru
B.   INDIKATOR
Pada akhir perkuliahan ini mahasiswa dapat:
1.    menuliskan enam poin isi SK Bersama Mendiknas, menneg PAN dan RB, Mendagri, Menkeu, dan Menag tgl. 3 Oktober 2011 tentang penataan dan pemerataan guru.
2.    menuliskan tujuh poin kewenangan Pemda Provinsi dan Kabupaten/Kota tentang penataan dan pemerataan guru
3.    menjelaskan empat tahapan mewujudkan guru profesional
4.    menggambarkan alur pengembangan profesi guru dan karir
5.    menjelaskan dasar pengembangan keprofesian guru
6.    menuliskan jenis sekolah guru dari tahun 1970 s.d. sekarang
7.    mendeskripsikan sejarah pengembangan pendidikan guru tahun 1970 s.d. sekarang
C.   Materi Kuliah
Pengembangan guru profesional:
1.    Alur pengembangan profesi dan karir guru
2.    Kebijakan pengembangan profesi dan karir guru
3.    Sejarah pengembangan pendidikan guru
D.   Kegiatan Pembelajaran
Tahap Kegiatan
Kegiatan Mahasiswa
Kegiatan Dosen
Pendahuluan

1.  Menyiapkan Modul
2.  Berperan aktif bertanya tentang hal yang belum jelas.


Pada setiap awal pertemuan dosen:
1.  menjajagi kemampuan awal mahasiswa terkait materi yang akan dibahas.
2.  Memberi masukan tugas minggu lalu



Tahap Kegiatan
Kegiatan Mahasiswa
Kegiatan Dosen
Penyajian
Pertemuan ke 3







Pertemuan ke 4

1.  Sebelum perkuliahan mahasiswa telah membaca materi kuliah MK Profesi Kependidikan
2.  Mengikuti secara aktif, bertanya/ menja­wab pertanyaan/ menanggapi dalam  pem­­­bahasan materi dan berlatih
3.  Menelusuri isi UU Sisdiknas, UU Guru dan Dosen terkait dasar, fung­si, tujuan pen­didikan na­sio­nal
4.  Mencatat masukan atas kesalahan dalam latihan.
5.  Memperbaiki kesalahan latihan I
6.  Mencatat ringkasan materi/kesim­pul­an pembahasan
1.  Memaparkan secara skematik ruang lingkup materi mata kuliah ini
2.  Orientasi materi dengan metode ce­ra­mah ten­tang pengembangan profesional guru
3.  Penjelasan tugas menelusuri isi UU Sis-diknas, UU Guru dan Dosen terkait da-sar, fung­si, tujuan pen­didikan na­sio­nal


4.  Review materi yang dibahas pada minggu lalu
5.  Membahas materi: tu­gas, pene­lu­suran isi UU Sisdiknas, UU Gu­ru dan Dosen terkait dasar, fung­si, tujuan pen­didikan na­sio­nal
Penutup


Jika belum jelas, menanyakan teknik penye­le­saian tugas kalompok/mandiri
3.  Menyimpulkan pembahasan materi kuliah.
4.Menyampaikan tugas terstruktur dan mandiri. 

E.   Media dan Alat Bantu Pengajaran
1.    Laptop dan LCD
F.    Evaluasi
1.  Tanya jawab tentang materi yang telah dibahas.
2.  Membuat ringkasan materi dengan menggunakan kata-kata sendiri.
3.  Tugas latihan.
G.   Referensi
1.    Modul Kebijakan Pengembangan Profesi Guru (materi PLPG) Hal. 10-15.
2.    Permendiknas No.16/2007 tentang Kualifikasi dan Kompetensi Guru
3.    PP No.19/2005: SNP
4.    Samana. 1994. Profesionalisme Keguruan. Yogyakarta: Kanisius. Hal 16-21 dan 45-85
5.    UU No.14/2005: Guru dan Dosen



SATUAN ACARA PERKULIAHAN

Mata Kuliah                 : Profesi Kependidikan (2 sks)
Kode Mata Kuliah      : KB141207
Semester                    : 5
Dosen                          : Drs. Edy Siswanto, M.Pd..
Waktu Pertemuan  : 3 x 40 menit
Pertemuan ke        : 5 - 7


A.   KOMPETENSI DASAR
Mahasiswa mema­­hami 4 kom­pe­tensi yang ha­rus dimiliki guru dan dapat mempraktikkan contoh-contoh setiap jenis kompetensi tersebut.
B.   INDIKATOR
Pada akhir perkuliahan ini mahasiswa dapat:
1.    Menjelaskan pengertian kualifikasi akademik dan kompetensi guru
2.    Menyebutkan empat jenis kompetensi dan kompetensi intinya masing-masing
3.    Mengkaji dan mempraktikkan 10 kompetensi inti pada Kompetensi Pedagogik dan 38 unsurnya pada Kompetensi Pedagogik
4.    Mengkaji dan mempraktikkan 5 kompetensi inti pada Kompetensi Kepribadian dan 13 unsurnya
5.    Mengkaji dan mempraktikkan 4 kompetensi inti pada Kompetensi Sosial dan 9 unsurnya
6.    Mengkaji dan mempraktikkan 5 kompetensi inti pada Kompetensi Profesional dan 32 unsurnya
7.    Mengklasifikasikan jenis kompetensi dan unsur-unsurnya yang mudah dipraktikkan
8.    Mengklasifikasikan jenis kompetensi dan unsur-unsurnya yang sulit dipraktikkan
9.    Mendiskusikan praktik-praktik kompetensi yang sulit dan jenis pelatihannya.
C.   Materi Kuliah
1.    Esensi kompetensi guru dan prinsip-prinsip peningkatan kompetensi guru,
2.    Karir guru
3.    Jenis program pendidikan dan latihan (Diklat) guru



D.   Kegiatan Pembelajaran
Tahap Kegiatan
Kegiatan Mahasiswa
Kegiatan Dosen
Pendahuluan

1.    Menyiapkan naskah Permendiknas No. 16/2007
2.    Berperan aktif bertanya tentang hal yang belum jelas.

Pada setiap awal pertemuan dosen:
1.  menjajagi kemampuan awal mahasiswa terkait materi 4 kompetensi guru
2.  menjelaskan tujuan mempelajari 4 kompetensi guru
Penyajian
Pertemuan ke 5






Pertemuan ke 6




Pertemuan ke 7

1.    Mengkaji pengertian kualifikasi akademik dan kompetensi guru
2.    Mengkaji empat jenis kompetensi dan kompetensi intinya masing-masing
3.    Melalui diskusi, mengkaji dan mempraktikkan 10 kompetensi inti pada Kompetensi Pedagogik dan 38 unsurnya

4.    Mengkaji dan mempraktikkan 5 kompetensi inti pada Kompetensi Kepribadian dan 13 unsurnya
5.    Mengkaji dan mempraktikkan 4 kompetensi inti pada Kompetensi Sosial dan 9 unsurnya

6.    Mengkaji dan mempraktikkan 5 kompetensi inti pada Kompetensi Profesional dan 32 unsurnya
7.    Mengklasifikasikan jenis kompe-tensi dan unsur-unsurnya yang mudah dipraktikkan
8.    Mengklasifikasikan jenis kompe-tensi dan unsur-unsurnya yang sulit dipraktikkan
9.    Mendiskusikan praktik-praktik kompetensi yang sulit dan jenis pelatihannya.
10.  Diskusi hasil latihan-tugas
1.  Memaparkan secara skematik empat kompetensi guru
2.  Orientasi materi dengan metode ce­ra­mah ten­tang pengertian kualifikasi akademik dan kompetensi guru
3.  Membimbing diskusi kelompok




4.  Review materi yang dibahas pada minggu lalu
5.  Memaparkan secara skematik Kompe-tensi Kepribadian dan Sosial
6.  Penilaian proses tentang materi yang dibahas

7.  Review materi yang dibahas pada minggu lalu
8.  Memaparkan secara skematik Kompe-tensi Profesional
9.  Penilaian proses tentang materi yang dibahas
10.  Membimbing diskusi kelompok


Penutup


11.  Jika belum jelas, menanyakan teknik penye­le­saian tugas kalompok/mandiri
12.  Perbaikan tugas
13.  Menyimpulkan perbaikan tugas
11. Menyimpulkan pembahasan materi kuliah.
12. Menyampaikan tugas terstruktur dan mandiri. 

E.   Media dan Alat Bantu Pengajaran
1.    Laptop dan LCD



F.    Evaluasi
1.  Tanya jawab tentang materi yang telah dibahas.
2.  Membuat ringkasan materi dengan menggunakan kata-kata sendiri.
3.  Tugas latihan:
1)    Jelaskan apa yang dimaksud kualifikasi akademik dan kompetensi guru!
2)    Tuliskan 4 jenis kompetensi dan kompetensi intinya yang harus dimiliki guru!
3)    Tuliskan minimal 5 prinsip upaya peningkatan kompetensi guru
4)    Lakukan beberapa praktik dari 10 kompetensi inti pada Kompetensi Pedagogik dan 38 unsurnya pada Kompetensi Pedagogik
5)    Lakukan beberapa praktik dari 5 kompetensi inti pada Kompetensi Kepribadian dan 13 unsurnya
6)    Lakukan beberapa praktik dari 4 kompetensi inti pada Kompetensi Sosial dan 9 unsurnya
7)    Lakukan beberapa praktik dari 5 kompetensi inti pada Kompetensi Profesional dan 32 unsurnya
8)    Apa makna esensial yang terkandung dalam uji kompetensi guru (UKG)?
9)    Apa dampak hasil uji kompetensi guru (UKG)?
10)           Klasifikasikan jenis kompetensi dan unsur-unsurnya yang mudah dipraktikkan
11)           Klasifikasikan jenis kompetensi dan unsur-unsurnya yang sulit dipraktikkan

G.   Referensi
1.    Modul Kebijakan Pengembangan Profesi Guru (materi PLPG) Hal. 16-31.
2.    Permendiknas No.16/2007 tentang Kualifikasi dan Kompetensi Guru
3.    Permendiknas No. 41/2007 tentang Standar Proses
4.    PP No.19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan,
5.    Samana. 1994. Profesionalisme Keguruan. Yogyakarta: Kanisius. Hal 16-21 dan 86-109
6.    UU No.14/2005: Guru dan Dosen
7.    UU No.20/2003, Bab XI Pasal 39-44: Pendidik dan Tenaga Kependidikan







SATUAN ACARA PERKULIAHAN

Mata Kuliah                : Profesi Kependidikan (2 sks)
Kode Mata Kuliah     : KB141207
Semester                  : 5
Dosen                         : Drs. Edy Siswanto, M.Pd..
Waktu Pertemuan : 2 x 40 menit
Pertemuan ke       : 9 - 11


A.   KOMPETENSI DASAR
Mahasiswa  me­­mahami Pe­nilaian Kinerja Guru (PKG) dan Pe­ngem­bangan Karir
B.   INDIKATOR
Pada akhir perkuliahan ini mahasiswa dapat:
1.    Menjelaskan latar belakang penilaian kinerja guru.
2.    Menjelaskan pengertian penilaian kinerja guru sesuai Permenneg PAN dan RB No.16 tahun 2009.
3.    Menggambarkan desain pembinaan guru profesional
4.    Menuliskan tiga persyaratan penilaian kinerja guru
5.    Menuliskan empat prinsip pelaksanaan penilaian kinerja guru
6.    Menuliskan tiga aspek penilaian kinerja guru
7.    Mendeskripsikan 4 tahapan dalam prosedur penilaian kinerja guru
8.    Mendeskripsikan kriteria, masa kerja, dan sangsi penilai dalam penilaian kinerja guru
9.    Menjelaskan lima pihak yang bertugas dan bertanggung jawab dalam penilaian kinerja guru.
10. Menghitung nilai konversi nilai dalam penilaian kinerja guru
11. Menjelaskan pengertian pengembangan karir guru
12. Menuliskan tiga ranah pengembangan karir dalam bentuk penugasan
13. Menuliskan penjelasan ranah pengembangan karir dalam bentuk promosi
14. Menuliskan ranah pengembangan karir dalam bentuk penugasan kenaikan pangkat, pengembangan profesi, dan penunjang.
C.   Materi Kuliah
1.    Pe­nilaian Kinerja Guru
2.    Pe­ngem­bangan Karir


D.   Kegiatan Pembelajaran
Tahap Kegiatan
Kegiatan Mahasiswa
Kegiatan Dosen
Pendahuluan

1.    Menyiapkan modul materi kuliah
2.    Berperan aktif bertanya tentang hal yang belum jelas pada kuliah minggu lalu.
3.    Sebelum perkuliahan mahasiswa telah membaca materi kuliah Pe­nilaian Kinerja Guru (PKG) dan Pe­ngem­bangan Karir
Pada setiap awal pertemuan dosen:
1.  menjajagi kemampuan awal mahasiswa terkait materi yang akan dibahas.
2.  menjelaskan tujuan perkuliahan pada SAP ini
Penyajian
Pertemuan ke 9








Pertemuan ke 10




Pertemuan ke 11

4.    Mengkaji latar belakang penilaian kinerja guru dan pengertian PKG sesuai Permenneg PAN dan RB No.16/2009.
5.    Membuat desain pembinaan guru profesional
6.    Mendiskusikan persyaratan, empat prinsip pelaksanaan, dan tiga aspek PKG
7.    Dalam kelompok merumuskan 4 tahapan dalam prosedur
8.    Dalam kelompok, mendeskripsikan kriteria, masa kerja, dan sangsi penilai dalam PKG
9.    Dalam kelompok, menyimpulkan lima pihak yang bertugas dan ber-tanggung jawab dalam PKG
10.  Berlatih menghitung nilai konversi nilai dalam penilaian kinerja guru
11.  Merumuskan pengertian pengem-bangan karir guru dan menuliskan tiga ranah pengembangan karir da-lam bentuk penugasan
12.  Menuliskan penjelasan ranah pengembangan karir dalam bentuk promosi
13.  Menuliskan ranah pengembangan karir dalam bentuk penugasan ke-naikan pangkat, pengembangan profesi, dan penunjang.
14.  Mengkaji ruang lingkup karya ilmiah pengembangan profesi
3.  Memaparkan secara skematik tentang Pe­nilaian Kinerja Guru
4.  Membimbing diskusi kelompok
5.  Melakukan penilaian proses







6.  Review materi yang dibahas pada minggu lalu
7.  Membahas materi: dan Pe­ngem­bangan Karir
8.  Membimbing diskusi kelompok
9.  Melakukan penilaian proses


10.  Memaparkan secara skematik tentang pengem-bangan karir
11.  Membimbing diskusi kelompok
12.  Memberi contoh-contoh karya ilmiah pengembangan profesi
13.  Melakukan penilaian proses

Penutup


15.  Jika belum jelas, menanyakan teknik penye­le­saian tugas kalompok/mandiri
14.  Menyimpulkan pembahasan materi kuliah.
15.  Menyampaikan tugas terstruktur dan mandiri. 
E.   Media dan Alat Bantu Pengajaran
1.    Laptop dan LCD
F.    Evaluasi
Tanya jawab tentang materi yang telah dibahas, mencakup:
1.  Mengapa PKG perlu dilakukan secara kontinyu?
2.  Apa tujuan utama penilaian kinerja guru?
3.  Gambarkan desain pembinaan guru profesional!
4.  Tuliskan penjelasan Anda tentang 3 persyaratan PKG!
5.  Tuliskan penjelasan Anda tentang minimal 4 prinsip PKG!
6.  Deskripsikan tahapan PKG!
7.  Apa saja yang Anda ketahui tentang pemberian nilai dalam PKG?
8.  Apa perbedaan utama antara pengembangan keprofesian dengan pengembangan karir guru?
9.  Mengapa pengembangan keprofesian guru dikaitkan dengan jabatan fungsional guru?
10.    Tuliskan minimal tiga jenis pengembangan karir guru!
11.    Jelaskan perbedaan utama antara pengembangan keprofesian berbasis lembaga dengan berbasis individu!

G.   Referensi
1.    Modul Kebijakan Pengembangan Profesi Guru (materi PLPG) Hal. 32-55
2.    Permendiknas No.16/2007: Kualifikasi dan Kompetensi Guru
3.    Permendiknas No. 20/2007 tentang Standar Penilaian
4.    Permendiknas No. 22/2006 tentang Standar
5.    UU No. 14/2005 tentang Guru dan Dosen


6.     
SATUAN ACARA PERKULIAHAN

Mata Kuliah                 : Profesi Kependidikan (2 sks)
Kode Mata Kuliah      : KB141207
Semester                   : 5
Dosen                              : Drs. Edy Siswanto, M.Pd..
Waktu Pertemuan  : 2 x 40 menit
Pertemuan ke        : 12 dan 13


A.   KOMPETENSI DASAR
Mahasiswa  me­­mahami perlindungan dan peng­har­gaan terhadap guru
B.   INDIKATOR
Pada akhir perkuliahan ini mahasiswa dapat:
1.    Menjelaskan pengertian perlindungan dan peng­har­gaan terhadap guru
2.    Menjelaskan 10 definisi perlindungan dan peng­har­gaan terhadap guru
3.    Menuliskan 5 ranah perlindungan atas hak-hak guru
4.    Memberi minimal 5 contoh kasus yang perlu diberikan perlindungan hukum terhadap guru
5.    Memberi minimal 5 contoh kasus yang perlu diberikan perlindungan profesi terhadap guru
6.    Memberi minimal 5 contoh kasus yang perlu diberikan perlindungan kesehatan dan keselamatan kerja terhadap guru
7.    Memberi minimal 5 contoh yang perlu diberikan perlindungan terhadap hak atas kekayaan intelektual guru
8.    Menuliskan 5 jenis perlindungan hukum terhadap guru
9.    Menjelaskan makna penghargaan sebagai kesejahteraan guru
10. Menjelaskan makna penghargaan sebagai guru berprestasi dan berdedikasi,
11. Menjelaskan makna penghargaan tanda kehormatan satya lencana pendidikan kepada guru berprestasi dan berdedikasi,
12. Membedakan antara tunjangan profesi, tunjangan fungsional, tunjangan khusus, dan tunjangan kemaslahatan.
C.   Materi Kuliah
1.    Perlindungan terhadap guru
2.    Peng­har­gaan terhadap guru



D.   Kegiatan Pembelajaran
Tahap Kegiatan
Kegiatan Mahasiswa
Kegiatan Dosen
Pendahuluan

1.    Menyiapkan materi yang akan dibahas
2.    Berperan aktif bertanya tentang hal yang belum jelas.


Pada setiap awal pertemuan dosen:
1.  menjajagi kemampuan awal mahasiswa terkait materi yang akan dibahas.
2.  menjelaskan tujuan perkuliahan
Penyajian
Pertemuan ke 12










Pertemuan ke 13

3.    Mengikuti secara aktif, bertanya/ menja­wab pertanyaan/menang-gapi dalam  pem­­­bahasan materi dan berlatih dengan mengerjakan tugas
4.    Mengkaji pengertian perlindungan dan peng­har­gaan terhadap guru
5.    Mengkaji definisi dan ranah perlin-dungan dan peng­har­gaan terha-dap guru
6.    Mengkaji contoh kasus yang perlu diberikan perlindungan hukum dan profesi terhadap guru

7.    Mengikuti secara aktif, bertanya/ menja­wab pertanyaan/menangga-pi dalam  pem­­­bahasan materi dan berlatih dengan mengerjakan tugas
8.    Mengkaji pengertian perlindungan kesehatan, keselamatan, dan kekayaan intelektual guru
9.    Mengkaji penghargaan sebagai guru berprestasi, berdedikasi, tanda kehormatan satya lencana pendidikan
10.  Mencatat ringkasan materi/kesim­pul­an pembahasan
3.  Review materi yang dibahas pada minggu lalu
4.  Memaparkan secara skematik ruang lingkup materi mata kuliah ini
5.  Orientasi materi dengan metode ce­ra­mah ten­tang perlindungan dan peng­har­gaan terhadap guru
6.  Menjelaskan materi tu­gas: perlindungan terhadap guru





7.  Review materi yang dibahas pada minggu lalu
8.  Memaparkan secara skematik ruang lingkup materi mata kuliah ini
9.  Orientasi materi dengan metode ce­ra­mah ten­tang perlindungan kesehatan, keselamatan, dan kekayaan intelektual guru, serta penghargaan sebagai guru berprestasi, berdedikasi, tanda kehormatan satya lencana pendidikan
Penutup


11.  Jika belum jelas, menanyakan teknik penye­le­saian tugas kalompok/mandiri
10.  Menyimpulkan pembahasan materi kuliah.
11.  Menyampaikan tugas terstruktur dan mandiri. 

E.   Media dan Alat Bantu Pengajaran
1.    Laptop dan LCD



F.    Evaluasi
Tanya jawab tentang materi yang telah dibahas:
1.  Jelaskan pengertian perlindungan hukum bagi guru, beri 3 contohnya
2.  Jelaskan pengertian perlindungan profesi bagi guru, beri 3 contohnya
3.  Jelaskan pengertian perlindungan kesehatan dan keselamatan bagi guru, beri 3 contohnya
4.  Jelaskan pengertian perlindungan kekayaan intelektual bagi guru, beri 3 contohnya
5.  Tuliskan ada berapa jenis penghargaan kepada guru, dan beri penjelasannya secara singkat.
6.  Tuliskan ada berapa jenis tunjangan yang diberikan kepada guru, dan beri penjelasannya secara singkat.
7.  Tuliskan ada berapa alasan maka guru di daerah khusus/terpencil perlu diberi tunjangan khusus, dan beri penjelasannya secara singkat.

G.   Referensi
1.    Modul Kebijakan Pengembangan Profesi Guru (materi PLPG) Hal.56-74
2.    UU No.20/2003 tentang Sisdiknas, Bab II Pasal 2-3: Dasar, Fungsi dan Tujuan Pendidikan Nasional, dan Bab XI Pasal 39-44: Pendidik dan Tenaga Kependidikan.
3.    UU No.14/2005: Guru dan Dosen pasal 14,15, 36-38, 51



SATUAN ACARA PERKULIAHAN

Mata Kuliah                 : Profesi Kependidikan (2 sks)
Kode Mata Kuliah      : KB141207
Semester                    : 5
Dosen                          : Drs. Edy Siswanto, M.Pd..
Waktu Pertemuan  : 2 x 40 menit
Pertemuan ke        : 14 dan 15


A.   KOMPETENSI DASAR
Mahasiswa  me­­­mahami Etika Profesi Guru dan  mem­praktik­­kannya
B.   INDIKATOR
Pada akhir perkuliahan ini mahasiswa dapat:
  1. Menjelaskan pengertian profesi guru sebagai panggilan jiwa
  2. Menjelaskan minimal 10 ciri guru profesional
  3. Menuliskan dan menjelaskan minimal 5 sifat atau karakteristik profesi guru
  4. Menjelaskan perlunya guru menjadi anggota organisasi profesi
  5. Menuliskan minimal 5 jenis organisasi profesi
  6. Menjelaskan perlunya guru memiliki kode Etik Guru Indonesia
  7. Menuliskan dan menjelaskan minimal 5 isi Kode Etik Guru Indonesia
  8. Menjelaskan esensi Kode Etik dan Etika Profesi Guru Indonesia
  9. Memberi minimal 5 contoh hubungan guru dengan siswa sesuai dengan kode etik guru Indonesia
C.   Materi Kuliah
1.    Etika Profesi Guru
2.    Kode Etik Guru Indonesia
D.   Kegiatan Pembelajaran
Tahap Kegiatan
Kegiatan Mahasiswa
Kegiatan Dosen
Pendahuluan

1.    Menyiapkan materi yang akan dibahas
2.    Berperan aktif bertanya tentang hal yang belum jelas.


Pada setiap awal pertemuan dosen:
1.  menjajagi kemampuan awal mahasiswa terkait materi yang akan dibahas.
2.  menjelaskan tujuan perkuliahan


E.    
Tahap Kegiatan
Kegiatan Mahasiswa
Kegiatan Dosen
Penyajian
Pertemuan ke 14












Pertemuan ke 15

3.    Menyimak pemaparan tentang: pengertian profesi guru sebagai panggilan jiwa
4.    Mengkaji:  14 ciri guru profesional,
10 sifat atau karakteristik profesi guru
5.    Mendiskusikan perlunya guru menjadi anggota organisasi profesi
dan menuliskan minimal 5 jenis organisasi profesi
6.    Mengikuti secara aktif, bertanya/ menja­wab pertanyaan/menang-gapi dalam  pem­­­bahasan materi dan berlatih dengan mengerjakan tugas
7.    Mendiskusikan perlunya guru memiliki kode Etik Guru Indonesia
8.    Mengkaji 9 isi Kode Etik Guru Indonesia, esensi Kode Etik dan Etika Profesi Guru Indonesia
9.    Mencari contoh minimal 5 contoh hubungan guru dengan siswa sesuai dengan kode etik guru Indonesia
10.  Mencatat ringkasan materi/kesim­pul­an pembahasan
3.  Review materi yang dibahas pada minggu lalu
4.  Memaparkan secara skematik: pengertian profesi guru sebagai panggilan jiwa, 14 ciri guru profesional, 10 sifat atau karakteristik profesi guru, perlunya guru menjadi anggota organisasi profesi
5.  Menjelaskan tu­gas terkait materi Etika Profesi Guru dan Kode Etik Guru Indonesia



6.  Review materi yang dibahas pada minggu lalu
7.  Memaparkan secara skematik: kode Etik Guru Indonesia, 9 isi Kode Etik Guru Indonesia, esensi Kode Etik dan Etika Profesi Guru Indonesia, contoh hubungan guru dengan siswa sesuai dengan kode etik guru Indonesia
8.  Penilaian proses dengan tanya jawab tentang materi yang baru dibahas
Penutup


11.  Jika belum jelas, menanyakan teknik penye­le­saian tugas kalompok/mandiri
9.  Menyimpulkan pembahasan materi kuliah.
10.  Menyampaikan tugas terstruktur dan mandiri. 

F.    Media dan Alat Bantu Pengajaran
Laptop dan LCD

G.   Evaluasi
Tanya jawab tentang materi yang telah dibahas:
1.  Jelaskan pengertian profesi guru sebagai panggilan jiwa!
2.  Jelaskan minimal 10 ciri guru profesional !
3.  Tuliskan dan menjelaskan minimal 5 sifat atau karakteristik profesi guru !
4.  Jelaskan perlunya guru menjadi anggota organisasi profesi !
5.  Tuliskan minimal 5 jenis organisasi profesi !
6.  Jelaskan perlunya guru memiliki kode Etik Guru Indonesia !
7.  Tuliskan dan menjelaskan minimal 5 isi Kode Etik Guru Indonesia !
8.  Jelaskan esensi Kode Etik dan Etika Profesi Guru Indonesia !
9.  Beri minimal 5 contoh hubungan guru dengan siswa sesuai dengan kode etik guru Indonesia !

H.   Referensi
1.    Modul Kebijakan Pengembangan Profesi Guru (materi PLPG) Hal.76-81
2.    Samana. 1994. Profesionalisme Keguruan. Yogyakarta: Kanisius. Hal 117-118
3.    UU No.20/2003 tentang Sisdiknas, Bab II Pasal 2-3: Dasar, Fungsi dan Tujuan Pendidikan Nasional, dan Bab XI Pasal 39-44: Pendidik dan Tenaga Kependidikan.
4.    UU No.14/2005: Guru dan Dosen pasal 14,15, 36-38, 51




            Sutjipto. 2009. Profesi Keguruan. Bandung: Rineka Cipta
       Abidin, Y. 2010. Kompetensi Profesional Pendidik Anak Usia Dini. Diktat Kuliah. Bandung: UPI Kampus Cibiru.
      Cucu, E. et.al 2005. Pemilihan dan Pengembangan Sumber Belajar untuk Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.
Ismail, A. 2006. Educational Games: Menjadi Cerdas dan Ceria dengan Permainan Edukatif. Yogyakarta: Pilar Media.
Mulyasa. 2008. Menjadi Guru Profesional. Bandung: RemajaRosdaKarya.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Buku Seni Rupa SD. 1

KERANGKA KERJA KURIKULUM PENDIDIKAN SENI RUPA DI SEKOLAH DASAR