Latihan dan Tugas Seni Rupa dan Kerajinan di Blog PGSD IKIP PGRI MADIUN 2012

Latihan dan Tugas 

1. Pelajari oleh setiap mahasiswa seluruh buku ini. Setelah dipahami isinya, buatlah rangkuman (intisari) isi buku. Jika ada bahasan yang belum dipahami, buatlah kumpulan pertanyaan.
2. Diskusikan dalam kelompok kecil di kelas Anda. Lengkapilah materi diskusi dengan cara membaca sumber lain, baik dari media massa maupun literatur yang relevan. Hasil diskusi (berupa paper kecil 5-10 halaman A4) dan diserahkan kepada Dosen Pengampu. Tema yang dapat Anda kembangkan sebagai berikut:
a.  Perbedaan karya seni rupa anak-anak dan orang dewasa.
b.  Pengertian ―seni adalah keindahan, dan ―seni adalah ekspresi                                            
c.  Beberapa  definisi SENI menurut para ahli, dan berikan contoh karya seni    berdasarkan makna definisi tersebut.
d.  Seni   Rupa   zaman   Prasejarah   dan   Hindu   di   Indonesia   bersifat   magis   dan      religius.
e.  Seni sebagai Media Pendidikan.
f.  Pendekatan  Berbasis   Disiplin   Ilmu      dan   Pendekatan  Kompetensi  dalam      Pendidikan Seni Rupa
g.  Peranan Guru dalam Proses Pendidikan Seni Rupa di Sekolah. 

3.  Kerjakan      latihan   / tugas    praktik    individual   berkarya    seni   rupa   dua dimensional   di   bawah   ini   pada   kertas   gambar   A3,   dan   gunakan   media   yang dianjurkan.
a). Menggambar bentuk kumpulan alat minum dan makan (pensil 2B);
b). Menggambar ilustrasi tumbuhan/flora (pensil 2B, oil pastel); Gambar
c). Menggambar beberapa jenis binatang unggas, dan binatang berkaki empat     dengan latar belakangnya (pensil dan oil pastel)
d). Menggambar manusia (anak-anak, dan orang dewasa), gunakan pensil 2B
e). Membuat lukisan kolase kertas dengan tema ―Suasana Peringatan 17      Agustus atau tema lain yang menggambarkan permainan anak
f). Membuat lukisan mozaik dari bahan kertas bekas kalender, tema bebas.
g). Membuat gambar dekoratif, merancang desain taplak meja, dengan  teknik cetak tinggi (penampang).
h). Membuat lukisan ekspresif dengan teknik inkblot, dan tiupan.
i). Membuat desain tekstil (bahan pakaian) bermotif stilasi tumbuhan dengan teknik sablon sederhana, boleh ditambah teknik monoprint dan cetak  tinggi untuk memperoleh hasil yang memuaskan.
j). Membuat suatu media pembelajaran Sains, Ilmu Sosial, Bahasa, atau   mata pelajaran lainnya yang bersumber dari kurikulum SD/TK dengan   teknik Montase. 

4.  Kerjakan tugas (kelompok kecil) pembuatan berkarya praktik seni rupa tiga    dimensional.
a). Membuat media pembelajaran ―sandiwara boneka (teknik wayang  karton/kertas, jumlah minimal 2 wayang, berwarna.) dengan fungsi untuk   media pembelajaran pokok bahasan tertentu dalam mata pelajaran di SD.
b). Membuat hiasan dinding topeng kertas (teknik bubur kertas, atau  tempelan berlapis-lapis kertas koran, diwarnai.
c). Membuat media diorama dari bahan kertas, dan menggunakan teknik  Origami dan M3.
d). Membuat hiasan yang menarik dan artistik, dengan teknik merangkai dari    bahan-bahan limbah (baik dari sumber alam/tumbuhan, atau imitasi). 

 5. Buatlah rencana pembelajaran (satuan pelajaran) untuk satu topik (pokok  bahasan) yang bersumber dari kurikulum KBK SD. Setiap mahasiswa   menentukan topiknya sendiri, dan diharapkan agar topiknya berbeda satu  dengan yang lainnya.  

6. Pameran
 Tugas ini ditik komputer 1,5 spasi pada kertas A4,   huruf times new roman. 

                                                        Selamat bekerja
Sumber
Buku Pendidikan Seni Rupa & Kerajinan untuk  mahasiswa PGSD/PGTK, Guru SD/TK Edisi Yang Disempurnakan, 2005 dll.


    

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Buku Seni Rupa SD. 1

KERANGKA KERJA KURIKULUM PENDIDIKAN SENI RUPA DI SEKOLAH DASAR