Latihan dan Tugas Seni Rupa dan Kerajinan di Blog PGSD IKIP PGRI MADIUN 2012
Latihan dan Tugas
1. Pelajari oleh setiap mahasiswa seluruh buku ini. Setelah dipahami isinya, buatlah rangkuman (intisari) isi buku. Jika ada bahasan yang belum dipahami, buatlah kumpulan pertanyaan.
2. Diskusikan dalam kelompok kecil di kelas Anda. Lengkapilah materi diskusi dengan cara membaca sumber lain, baik dari media massa maupun literatur yang relevan. Hasil diskusi (berupa paper kecil 5-10 halaman A4) dan diserahkan kepada Dosen Pengampu. Tema yang dapat Anda kembangkan sebagai berikut:
a. Perbedaan karya seni rupa anak-anak dan orang dewasa.
b. Pengertian ―seni adalah keindahan, dan ―seni adalah ekspresi
c. Beberapa definisi SENI menurut para ahli, dan berikan contoh karya seni berdasarkan makna definisi tersebut.
d. Seni Rupa zaman Prasejarah dan Hindu di Indonesia bersifat magis dan religius.
e. Seni sebagai Media Pendidikan.
f. Pendekatan Berbasis Disiplin Ilmu dan Pendekatan Kompetensi dalam Pendidikan Seni Rupa
g. Peranan Guru dalam Proses Pendidikan Seni Rupa di Sekolah.
3. Kerjakan latihan / tugas praktik individual berkarya seni rupa dua dimensional di bawah ini pada kertas gambar A3, dan gunakan media yang dianjurkan.
a). Menggambar bentuk kumpulan alat minum dan makan (pensil 2B);
b). Menggambar ilustrasi tumbuhan/flora (pensil 2B, oil pastel); Gambar
c). Menggambar beberapa jenis binatang unggas, dan binatang berkaki empat dengan latar belakangnya (pensil dan oil pastel)
d). Menggambar manusia (anak-anak, dan orang dewasa), gunakan pensil 2B
e). Membuat lukisan kolase kertas dengan tema ―Suasana Peringatan 17 Agustus atau tema lain yang menggambarkan permainan anak
f). Membuat lukisan mozaik dari bahan kertas bekas kalender, tema bebas.
g). Membuat gambar dekoratif, merancang desain taplak meja, dengan teknik cetak tinggi (penampang).
h). Membuat lukisan ekspresif dengan teknik inkblot, dan tiupan.
i). Membuat desain tekstil (bahan pakaian) bermotif stilasi tumbuhan dengan teknik sablon sederhana, boleh ditambah teknik monoprint dan cetak tinggi untuk memperoleh hasil yang memuaskan.
j). Membuat suatu media pembelajaran Sains, Ilmu Sosial, Bahasa, atau mata pelajaran lainnya yang bersumber dari kurikulum SD/TK dengan teknik Montase.
4. Kerjakan tugas (kelompok kecil) pembuatan berkarya praktik seni rupa tiga dimensional.
a). Membuat media pembelajaran ―sandiwara boneka (teknik wayang karton/kertas, jumlah minimal 2 wayang, berwarna.) dengan fungsi untuk media pembelajaran pokok bahasan tertentu dalam mata pelajaran di SD.
b). Membuat hiasan dinding topeng kertas (teknik bubur kertas, atau tempelan berlapis-lapis kertas koran, diwarnai.
c). Membuat media diorama dari bahan kertas, dan menggunakan teknik Origami dan M3.
d). Membuat hiasan yang menarik dan artistik, dengan teknik merangkai dari bahan-bahan limbah (baik dari sumber alam/tumbuhan, atau imitasi).
5. Buatlah rencana pembelajaran (satuan pelajaran) untuk satu topik (pokok bahasan) yang bersumber dari kurikulum KBK SD. Setiap mahasiswa menentukan topiknya sendiri, dan diharapkan agar topiknya berbeda satu dengan yang lainnya.
6. Pameran
Tugas ini ditik komputer 1,5 spasi pada kertas A4, huruf times new roman.
Selamat bekerja
Sumber
Buku Pendidikan Seni Rupa & Kerajinan untuk mahasiswa PGSD/PGTK, Guru SD/TK Edisi Yang Disempurnakan, 2005 dll.
Komentar
Posting Komentar