. Pendahuluan Buku Pendidikan Seni Rupa dan Kerajinan ini merupakan salah satu sumber bahan dalam proses pembelajaran Mata Kuliah Pendidikan Seni Rupa bagi mahasiswa PGSD dan PGTK. Materi buku ini telah disempurnakan dari buku Pendidikan Seni Rupa yang diterbitkan tahun 2003 yang lalu. Ada beberapa bagian yang diperbaharui dan disesuaikan dengan kurikulum Kerajinan Tangan dan Kesenian Sekolah Dasar yang berbasis kompetensi. Pendidikan Seni Rupa yang berfungsi sebagai dasar keilmuan akan memberikan landasan konseptual bagi mata pelajaran Kerajinan Tangan dan Kesenian. Dalam ilmu pendidikan seni rupa, terdapat kerangka teoretik yang sangat berharga bagi penerapan dan pengayaan materi Kerajinan Tangan dan Kesenian di Sekolah Dasar atau Taman Kanak-kanak. Oleh karena itu, pada buku ini tidak sepenuhnya mengacu pada kurikulum Kertakes SD, tetapi lebih luas dan mendasar. Pada bahasan praktika diberikan beberapa pilihan tugas berkarya bagi Guru (calon guru) yang dapat diterapkan dalam
Mohon dipresentasikan Minggu depan Materi: M3 (melipat menggunting dan menempel), Kolase, Montase dan Mozaik Setiap mahasiswa membawa gunting, lem dan kertas warna dan kertas HVS A4. Contoh M 3.
Kegiatan belajar 1 pgsd ikip pgri madiun Dalam bagian ini anda akan memperoleh informasi mengenai salah satu model kerangka kerja (framework) kurikulum dalam pendidikan seni serta pendekatan yang digunakannya. Informasi ini akan bermanfaat apabila anda akan mengembangkan kurikulum pendidikan seni di sekolah, khususnya di sekolah dasar. Walaupun demikian pengembangannya harus diambil berdasarkan pengalaman guru dalam mengajar yang menggabungkan beberapa metode mengajar anak-anak pada level perkembangan yang berbeda. Kerangka kerja ini disampaikan dalam dua kelompok yaitu pertama kelompok kerangka tujuan dan pendekatan dan selanjutnya kerangka fungsi dan tujuan pendidikan seni (Chapman, 1978). Dalam Kerangka Tujuan dan Pendekatan disampaikan dua hal mendasar yaitu ekspresi dalam seni dan tanggapan terhadap karya seni. Adapun kerangka fungsi dan tujuan akan menunjukkan kerangka kerja kurikulum berkaitan dengan fungsi seni dalam pendidikan dan tujuan dalam pendidikan seni. A. Kerangkan
Komentar
Posting Komentar